Jumat, 04 Desember 2015

RPP IMAN KEPADA KITAB2 ALLAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kulah Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Muhammad Fauzan






Oleh:
Heri Masyharudin Syah ( 2021 113 082 )


KELAS E
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM  2013

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Samatiga
Kelas / Semester         : XI / 1
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Topik                           : Iman
 Materi Pokok             : Iman kepada Kitab-kitab Allah swt
Alokasi Waktu            : 3 X 45 Menit
Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan

A.           Kompetensi Inti :
 (K1)   :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 (K2)   :Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 (K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
   (K4)  :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar
1.      Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
2.      Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci  Allah SWT
C. Indikator Pencapaian Kompetensi 
  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah.
  2. Siswa mampu menjelaskan fungsi iman kepada kitab-kitab Allah.
  3. Siswa mampu mengemukakan kitab-kitab yang pernah diturunkan Allah.
  4. Siswa mampu mengemukakan isi kandungan kitab-kitab Allah.
  5. Siswa mampu mengemukakan dalil naqli iman kepada kitab-kitab Allah.
  6. Siswa menghayati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari iman kepada kitab-kitab Allah.
E. Materi Ajar
          Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah
Maksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.
RISALAH, Mushaf adalah kumpulan ayat-ayat Al Quran yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mushaf Al Quran saat ini. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu Bakar As Siddik.
Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Al Quran ini merupakan kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah.
Artinya: "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS Al Hijr: 9).
Pada pokoknya, isi dari kitab-kitab tersebut adalah:
1.             Kandungan Kitab Taurat
a.              Perintah mengesakan Allah SWT.
b.             Larangan membuat dan menyembah patung berhala.
c.              Larangan menyebut Nama Allah SWT. Dengan sia-sia.
d.             Perintah mensucikan hari Sabtu.
e.              Perintah menghormati ayah dan ibu.
f.              Larangan membunuh sesama manusia.
g.             Larangan berbuat zina.
h.             Larangan mencuri.
i.               Larangan menjadi saksi palsu.
j.               Larangan mengambil istri orang lain
2.                            Kandungan kitab Zabur
a.              Do’a
b.              Dzikir
c.               Nasihat
d.              Hikmah
e.               Menyeru kepada ketauhidan
3.      Kandungan Kitab Injil
a.              Seruan tauhid kepada Allah SWT.
b.             Ajaran hidup zuhud dan menjauhi kerusakan terhadap dunia.
c.              Merevisi sebagian hukum Taurat yang sudah tidak sesuai.
d.             Berita tentang akan datangnya Nabi akhir zaman bernama Ahmad atau Muhammad.
4.      Kandungan kitab Al Quran
a.              Menjelaskan masalah Aqidah dan keimanan.
b.             Menjelaskan proses penciptaan alam dan manusia.
c.              Menjelaskan kisah-kisah nabi dan rasul serta umat terdahulu.
d.             Menjelaskan Hubungan manusia dengan manusia.
e.              Menjelaskan petunjuk hidup berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara
Selain kitab-kitab tersebut Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. Hal tersebut dinyatakan dalam firman Allah swt.
Artinya: "(Yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (QS Al A’la: 19).
Fungsi Iman kepada kitab-kitab Allah adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Dirinya Sendiri
Artinya: “Hai Nabi, perangilah orang- orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah Neraka jahanam dan itu adalah seburuk-buruk tempat kembali." (QS At Tahrim: 9).
  1. Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Sesama Manusia
Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS Al Hujurat: 13).
Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Alam
Artinya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS Al Anbiya: 107).
A.    Dalil Naqli dan Aqli tentang Fungsi Iman kepada kitab Allah
Iman kepada kitab Allah adalah kewajiban bagi setiap muslim dan merupakan salah satu rukun iman yang menjadi fundamen seseorang untuk beriman kepada Allah rasul-rasul-Nya. Firman Allah.
Artinya: "Katakanlah (hai orang-orang mukmin), "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, lsmail, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya." (QS Al Baqarah: 136).
Allah berfirman
Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab-kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh jauhnya."     (QS An Nisa: 136).

B.     Tanda Penghayatan terhadap Kitab Allah
Untuk menghayati terhadap kitab-kitab Allah perlu tahapan-tahapan sebagai berikut:
1.      Kita harus bisa membaca Al Quran dengan segala hikmahnya.
2.      Harus mengetahui dan memahami filosofi Islam sebagai agama yang diridai Allah swt.
3.      Kita harus mengetahui bahwa di dalam Al Quran banyak sekali terdapat surah atau ayat yang mengandung atau berupa perumpamaan.
4.      Dalam Al Quran banyak sekali ayat yang mengandung hikmah atau tidak bisa diartikan secara langsung, tetapi memiliki arti yang tersirat yang harus dikaji secara lebih mendalam.
5.      Al Quran diturunkan tidak untuk menyusahkan manusia sehingga ayat-ayat yang lebih mudah dan tegas memiliki prioritas untuk segera dilaksanakan.
6.      Ayat Al Quran terbagi menjadi dua macam, pertama adalah ayat muhkamat, yaitu ayat-ayat yang tegas, jelas maksudnya, dan mudah dimengerti sehingga ayat ini harus segera dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, ayat mutasyabihat, yaitu ayat-ayat yang sulit dimengerti dan hanya Allah yang mengetahui maksudnya.
7.      Menjalankan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari sesuai kemampuan masing-masing.
F. Metode Pembelajaran
Saintifik, kooperatif, rool play ,Diskusi ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan
·       Memberikan salam
·       Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·       Menanyakan kehadiran siswa
·       Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·       Tanya jawab materi sebelumnya
·       Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

10 menit

Inti
·      Mengamati
-       Mencermati teks bacaan, Video dan power point tentang ketentuan beriman kepada Kitab-kitab Allah SWTsecara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, hikmah apa yang diperoleh dari beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap  keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Kitab-kitab Allah swt?
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani Kitab-kitab Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-       Diskusi tentang cara beriman terhadap Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menganalisa hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, serta hikmahnya.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan  sikap gemar membaca dan mengamalkan al-Qur’an  sebagai refleksi dari iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-       Menunjukkan sikap aklaqul karimah dan  ketauladanan  sebagai cerminan penghayatan terhadap iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?

70 menit

Penutup
·      Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·      Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·      Mengucapkan salam

10 menit
H. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
  1. Alat / Bahan    :          
Al Qur’an, Power point, Video, LCD, Laptop
  1. Sumber Belajar    :    
·                Buku PAI Kls XI Kemdikbud
·                Al-Quran dan Al-Hadits
·                Kitab tafsir Al-Qur’an
·                Buku lain yang menunjang
·                Multimedia interaktif dan Internet
I.  Penilaian    
1.      Prosedur    :
a.   Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b.   Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)

Pekalongan,                 2015

Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                                  Pendidkan Agama Islam


Drs. Sebastian
NIP: 19620419 199303 100 4
Masyharudin Al Farisi
NIP:19590601 198612 2



Lampiran  : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12














13













14














15













16













17













18













19













20













21













22














INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.      Disiplin
a.         Selalu hadir di kelas tepat waktu
b.         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
a.    Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.    Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.    Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.   Partisipasi dalam kelompok
3.      Peduli
a.    Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.    Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.    Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.   Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
a.                                         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
b.                                        Menunjukkan sikap pantang menyerah
c.                                         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.          Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
b.         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
.
·      Tugas
-            Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-            Mengumpulkan bahan-bahan tulisan tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Observasi
-            Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-            Isi diskusi (makna beriman Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada beriman Kitab-kitab Allah SWT? dan hikmah beriman Kitab-kitab Allah SWT?
-            Memiliki  gemar membaca al Qur’an berakhlaqul karimah  serta ketauladanan sebagai implementasi dari iman Kitab-kitab Allah SWT?
·      Portofolio
-            Membuat laporan tentang makna Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, dan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
·      Tes Kemampuan kognitif
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1)   Menjelaskan pengertian Iman Kepada kitab-kitab Allah
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan pengertian Iman kepada  kitab-kitab Allah?
2)   Menjelaskan Fungsi Iman kepada Kitab-kitab Allah
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan fungsi Iman kepada kitab-kitab Allah?
3)   Mengemukakan dalil Naqli tentang  Iman kepada Kitab-kitab Allah
Tes tertulis
Uraian
Tulislah dalil Naqli mengenai Iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya?
4)   Mengemukakan kitab-kitab yang pernah diturunkan oleh Allah
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan, apa saja kitab-kitab yangg pernah Allah turunkan?
5)   Mengemukakan  sikap Iman kepada kitab-kitab Allah?
Tes tertulis
Uraian
Bagaimana tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah?



2 komentar:

  1. subhanallah...semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Xn Online Casino Canada | Casino Games
    Free Slot Games from Xn 카지노 Online Casino カジノ シークレット - Find your favourite Online Casino Games at Xn Casino dafabet and enjoy 1000+ Games!

    BalasHapus