RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kulah Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Muhammad Fauzan
Oleh:
Heri Masyharudin
Syah ( 2021 113 082 )
KELAS
E
JURUSAN
TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2015
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Samatiga
Kelas / Semester : XI / 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Topik : Iman
Materi Pokok :
Iman kepada Kitab-kitab Allah swt
Alokasi
Waktu : 3
X 45 Menit
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti :
(K1) :Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) :Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.
Memahami makna iman kepada Kitab-kitab
Allah SWT.
2.
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Kitab-kitab Suci Allah
SWT
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Siswa mampu
menjelaskan pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah.
- Siswa mampu
menjelaskan fungsi iman kepada kitab-kitab Allah.
- Siswa mampu
mengemukakan kitab-kitab yang pernah diturunkan Allah.
- Siswa mampu
mengemukakan isi kandungan kitab-kitab Allah.
- Siswa mampu
mengemukakan dalil naqli iman kepada kitab-kitab Allah.
- Siswa
menghayati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari iman kepada
kitab-kitab Allah.
E. Materi Ajar
Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah
Maksud iman kepada
kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu
benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya.
Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan
kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi
umatnya.
RISALAH,
Mushaf adalah kumpulan ayat-ayat Al Quran
yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mushaf Al
Quran saat ini. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada
pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan
lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu
Bakar As Siddik.
Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang
diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s.,
Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi
Muhammad saw. Al Quran ini merupakan
kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya sebagaimana dinyatakan dalam
firman Allah.
Artinya: "Sesungguhnya
Kami-lah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar
memeliharanya." (QS Al Hijr: 9).
Pada pokoknya, isi dari
kitab-kitab tersebut adalah:
1.
Kandungan Kitab Taurat
a.
Perintah mengesakan Allah SWT.
b.
Larangan membuat dan menyembah patung berhala.
c.
Larangan menyebut Nama Allah SWT. Dengan sia-sia.
d.
Perintah mensucikan hari Sabtu.
e.
Perintah menghormati ayah dan ibu.
f.
Larangan membunuh sesama manusia.
g.
Larangan berbuat zina.
h.
Larangan mencuri.
i.
Larangan menjadi saksi palsu.
j.
Larangan mengambil istri orang lain
2.
Kandungan
kitab Zabur
a.
Do’a
b.
Dzikir
c.
Nasihat
d.
Hikmah
e.
Menyeru kepada ketauhidan
3.
Kandungan Kitab Injil
a.
Seruan tauhid kepada Allah SWT.
b.
Ajaran hidup zuhud dan menjauhi kerusakan terhadap dunia.
c.
Merevisi sebagian hukum Taurat yang sudah tidak sesuai.
d.
Berita tentang akan datangnya Nabi akhir zaman bernama Ahmad
atau Muhammad.
4.
Kandungan kitab Al Quran
a.
Menjelaskan masalah Aqidah dan keimanan.
b.
Menjelaskan proses penciptaan alam dan manusia.
c.
Menjelaskan kisah-kisah nabi dan rasul serta umat terdahulu.
d.
Menjelaskan Hubungan manusia dengan manusia.
e.
Menjelaskan petunjuk hidup berkeluarga, bermasyarakat dan
bernegara
Selain kitab-kitab tersebut
Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada
Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. Hal tersebut dinyatakan dalam firman Allah
swt.
Artinya: "(Yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (QS Al
A’la: 19).
Fungsi Iman kepada kitab-kitab Allah
adalah sebagai berikut:
- Sebagai
Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Dirinya Sendiri
Artinya: “Hai Nabi,
perangilah orang- orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah
terhadap mereka. Tempat mereka adalah Neraka jahanam dan itu adalah
seburuk-buruk tempat kembali." (QS At Tahrim: 9).
- Sebagai
Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Sesama Manusia
Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari
seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa
dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah
orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui
lagi Maha Mengenal." (QS Al
Hujurat: 13).
Sebagai Pedoman Hidup
Manusia dalam Berhubungan dengan Alam
Artinya: “Dan tiadalah
Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”
(QS Al Anbiya: 107).
A. Dalil
Naqli dan Aqli tentang Fungsi Iman kepada kitab Allah
Iman kepada kitab Allah
adalah kewajiban bagi setiap muslim dan merupakan salah satu rukun iman yang
menjadi fundamen seseorang untuk beriman kepada Allah rasul-rasul-Nya. Firman
Allah.
Artinya: "Katakanlah (hai orang-orang mukmin), "Kami
beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang
diturunkan kepada Ibrahim, lsmail, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan
kepada Musa dan Isa serta apa yang kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun diantara mereka dan kami hanya
tunduk patuh kepada-Nya." (QS Al
Baqarah: 136).
Allah berfirman
Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman
kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab-kitab yang Allah turunkan
sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,
rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh
jauhnya." (QS An Nisa: 136).
B. Tanda
Penghayatan terhadap Kitab Allah
Untuk menghayati terhadap
kitab-kitab Allah perlu tahapan-tahapan sebagai berikut:
1.
Kita harus bisa membaca Al Quran dengan segala hikmahnya.
2.
Harus mengetahui dan memahami filosofi Islam sebagai agama yang diridai
Allah swt.
3.
Kita harus mengetahui bahwa di dalam Al Quran banyak sekali terdapat
surah atau ayat yang mengandung atau berupa perumpamaan.
4.
Dalam Al Quran banyak sekali ayat yang mengandung hikmah atau tidak bisa
diartikan secara langsung, tetapi memiliki arti yang tersirat yang harus dikaji
secara lebih mendalam.
5.
Al Quran diturunkan tidak untuk menyusahkan manusia sehingga ayat-ayat
yang lebih mudah dan tegas memiliki prioritas untuk segera dilaksanakan.
6.
Ayat Al Quran terbagi menjadi dua macam, pertama adalah ayat muhkamat,
yaitu ayat-ayat yang tegas, jelas maksudnya, dan mudah dimengerti sehingga ayat
ini harus segera dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, ayat
mutasyabihat, yaitu ayat-ayat yang sulit dimengerti dan hanya Allah yang
mengetahui maksudnya.
7.
Menjalankan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari sesuai
kemampuan masing-masing.
F.
Metode Pembelajaran
Saintifik, kooperatif, rool play ,Diskusi
ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
· Memberikan salam
· Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk
belajar
· Menanyakan kehadiran siswa
· Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
· Tanya jawab materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
-
Mencermati
teks bacaan, Video dan power point tentang ketentuan beriman kepada Kitab-kitab Allah
SWTsecara individu maupun kelompok.
·
Menanya
- Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, hikmah apa yang
diperoleh dari beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT ?, bagaimana sikap kita
terhadap keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT? Bagaimana cara
mengimani Kitab-kitab Allah swt?
·
Eksperimen/Eksplore
- Diskusi tentang makna bagaimana cara mengimani
Kitab-kitab Allah SWT? dalam persfektif Islam,
- Diskusi tentang cara beriman terhadap Kitab-kitab
Allah SWT?
-
Menganalisa
hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
· Assosiasi
- Menyimpulkan makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
SWT?
-
Menyimpulkanhikmah
beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
· Komunikasi
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang
tentang makna beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT?, serta hikmahnya.
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·
Refleksi
- Menampilkan sikap gemar membaca dan mengamalkan
al-Qur’an sebagai refleksi dari iman
kepada Kitab-kitab Allah SWT?
- Menunjukkan sikap aklaqul karimah dan ketauladanan sebagai cerminan penghayatan
terhadap iman kepada Kitab-kitab Allah
SWT?
|
70 menit
|
Penutup
|
· Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
· Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
· Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
· Mengucapkan salam
|
10 menit
|
H. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
- Alat
/ Bahan :
Al
Qur’an, Power point, Video, LCD, Laptop
- Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XI
Kemdikbud
·
Al-Quran dan
Al-Hadits
·
Kitab tafsir
Al-Qur’an
·
Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses
belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil
belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat Penilaian
(Soal terlampir)
Pekalongan, 2015
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidkan
Agama Islam
Drs. Sebastian
NIP: 19620419 199303 100 4
|
Masyharudin Al Farisi
NIP:19590601 198612 2
|
Lampiran : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT
PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI
1 DAN 2
1.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas
tepat waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas,
membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati
dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan
ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
4.
Kerja keras
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang
menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
.
· Tugas
-
Mencari
ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Kitab-kitab Allah SWT?
-
Mengumpulkan
bahan-bahan tulisan tentang beriman kepada Kitab-kitab
Allah SWT?
· Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
-
Isi diskusi
(makna beriman Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada beriman Kitab-kitab
Allah SWT? dan hikmah beriman Kitab-kitab Allah SWT?
-
Memiliki gemar membaca al Qur’an berakhlaqul
karimah serta ketauladanan sebagai
implementasi dari iman Kitab-kitab Allah SWT?
·
Portofolio
-
Membuat laporan
tentang makna Kitab-kitab Allah SWT?, cara beriman kepada Kitab-kitab
Allah SWT?,
dan hikmah beriman kepada Kitab-kitab
Allah SWT?
·
Tes Kemampuan
kognitif
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
1)
Menjelaskan pengertian Iman Kepada kitab-kitab Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian Iman
kepada kitab-kitab Allah?
|
|
2)
Menjelaskan Fungsi
Iman kepada Kitab-kitab Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan fungsi Iman
kepada kitab-kitab Allah?
|
|
3)
Mengemukakan dalil Naqli tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tulislah dalil Naqli
mengenai Iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya?
|
|
4)
Mengemukakan kitab-kitab yang pernah diturunkan oleh
Allah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan, apa saja
kitab-kitab yangg pernah Allah turunkan?
|
|
5)
Mengemukakan sikap Iman kepada
kitab-kitab Allah?
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Bagaimana tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab
Allah?
|
subhanallah...semoga bermanfaat
BalasHapusXn Online Casino Canada | Casino Games
BalasHapusFree Slot Games from Xn 카지노 Online Casino カジノ シークレット - Find your favourite Online Casino Games at Xn Casino dafabet and enjoy 1000+ Games!